Saturday, May 26, 2012

Web Berita Online


WEB BERITA ONLINE


TUJUAN BERITA ONLINE
1.      Mempromosikan produk atau keungulannya
2.      Menjadikan lapangan pekerjaan
3.      sebagai asset Negara
4.      memberi informasi
5.      Memberika wawasan lebih


A.       Pengertian Berita

Berita berasal dari bahsa sansekerta "Vrit" yang dalam bahasa Inggris disebut "Write" yang arti sebenarnya adalah "Ada" atau "Terjadi".Ada juga yang menyebut dengan "Vritta" artinya "kejadian" atau "Yang Telah Terjadi".Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli
1.      J.B Wahyudi (penulis buku komunikasi jurnalistik)
Berita adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodic.
2.      Mochtar Lubis (sastrawan, budayawan, dan wartawan Indonesia)
Berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.
3.      Menurut Dja’far H Assegaf
Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa (baru), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi-segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.
4.      Neil McNeil (pembantu utama redaktur malam New York Times)
Berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.
5.      Charles A. Dana ( editor New York Sun)
Berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.
6.      William S Maulsby
Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.
7.      Eric C. Hepwood
Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum

B.      Kelebihan dan Kekurangan Media Massa Kelebihan Media Cetak


  1.  Biasanya relatif tidak mahal.
  2. Fleksibel (lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
  3.  Dapat dinikmati lebih lama.
  4. Market coverage yakni surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
  5. Comparison shooping yakni surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
  6. Positive consumer attitude yakni aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
  7. Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya.
  8. Harganya lebih terjangkau maupun dalam distribusinya.
  9. Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks atau rigid.
  10. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan 

MACAM-MACAM BERITA ONLINE


MACAM-MACAM BERITA ONLINE






    1. OKEZONE

    2. KASKUS
    3. KOMPAS
    4. LIPUTAN 6

    5. METRO TV NEWS.COM 




MEMBUAT RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)


Secara mutlak sebuah organisasi memerlukan RAB yang seimbang, dimana biaya-biaya yang ada dapat tertutupi oleh sejumlah sumberdaya. Hal ini membatasi ketergantungan pada satu sumber saja dan memastikan organisasi dapat tetap beroperasi jika salah satu atau lebih sumber keuangan Anda sudah berhenti.
Untuk menjadikan RAB sebagai salah satu bagian terpenting dari usaha pengumpulan dana Anda, dalam uraian ini kami telah menyatukan saran-saran dan informasi yang berbeda tentang bagaimana membuat RAB untuk proposal proyek Anda. Dalam bab VI nanti kita akan lebih jauh lagi tentang manajemen keuangan organisasi Anda. RAB bisa jadi merupakan bagian sangat sulit dalam pembuatan proposal. Ingatlah bahwa setiap kegiatan dan masukan harus mempunyai tempat dalam RAB Anda, dan semakin banyak Anda membantu diri Anda semakin baik.
1. Aturan umum dalam menyusun RAB
Sebuah RAB mempunyai dua bagian: “pengeluaran” dan “pemasukan”.
Pemasukan (income)
Banyak orang yang lupa untuk menyebutkan bagian ini. Hal ini penting untuk
menunjukkan sumberdaya lain yang mana yang tersedia untuk membiayai proyek Anda.
Para donatur lebih bersedia untuk mendanai proyek yang dananya sudah sebagian
tersedia. Juga kontribusi sukarela – seperti penggunaan fasilitas komputer kantor –
dapat disebutkan dalam RAB.
Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat sebuah publikasi, Anda seharusnya juga
menyatakan pemasukan yang diharapkan dari penjualan. Mungkin jika Anda
menginvestasikan sebagian uang organisasi untuk memulai proyek atau Anda telah
tahu pasti akan menerima sebagian dari RAB dari sumber donatur lain.
Pengeluaran (expenses)
Pertama buatlah daftar pengeluaran dengan sangat mendetail untuk Anda gunakan
sendiri. Kemudian pisah-pisahkan menjadi item-item yang berbeda yang sebaik
mungkin agar jelas bagi donatur, seperti: gaji, biaya sewa, material, transportasi,
komunikasi, peralatan, pelatihan, publikasi, dll. Penghitungan yang lebih detail harus
ada jika donatur memintanya. Biasanya kita juga harus memasukkan biaya bergerak
(running cost) dalam proposal proyek.
Merencanakan sebuah RAB untuk jangka waktu pendek, menengah atau panjang
melibatkan perkiraan biaya yang organisasi Anda akan keluarkan selama periode
tertentu.
Pembiayaan yang layak untuk setiap pos pengeluaran kemudian ditentukan. Tidak
hanya sumber keuangannya yang darus diidentifikasi, tipe pembiayaan perlu juga
disesuaikan dengan kegiatan dan situasi finansial organisasi Anda.
Biaya-biaya harus nyata dan disusun sepraktis mungkin. Jika Anda memasukkan
sebuah komputer dalam RAB Anda, misalnya, pertama periksa harganya untuk
menentukan kisaran harganya.
Pastikan juga untuk memasukkan biaya-biaya yang kurang jelas jumlahnya, seperti
biaya administrasi (sewa, dan tenaga staf, dll), asuransi, pengawasan RAB, pelaporan,
dan evaluasi. Semua kegiatan itu membutuhkan waktu dan uang.
Beberapa nasihat umum tentang RAB:
  1. Perinci! Jangan meminta terlalu sedikit, dan jangan pula terlalu banyak. Terlalu sedikit mungkin mengakibatkan tujuan Anda tidak akan tercapai karena kekurangan dana. Atau bisa timbul kesan seakan-akan donatur Anda kurang bersungguh-sungguh.Terlalu banyak mungkin berarti penolakan donatur sebab RAB Anda tidak realistis sehingga menimbulkan perasaan curiga pada me reka. Mungkin juga Anda akandimintai donatur mengembalikan sisa dana. Sikap realistis adalah bukti kredibilitas Anda.
  2. Pastikan bahwa semua aktivitas proposal termuat dalam RAB Anda. Andaika nsesuatu harganya "0" terangkanlah sejelas-jelasnya dalam "keterangan RAB".
  3. Yang dibaca donatur pertama -tama adalah RAB. Jika dalam pandangan mereka RAB itu terlalu berlebihan, maka mereka malahan akan segan melanjutkan membaca. Jadiperhatikanlah bahwa ada keseimbangan di antara biaya overhead dan biaya proyek, perhatikan bahwa item yang kurang penting (misalnya biaya perjalanan) dalam RAB
  4. Anda tidak melebihi 50% dari RAB itu, dsb.
  5. Ada baiknya bila Anda dapat memperlihatkan bahwa sebagian anggaran yang dibutuhkan sudah berhasil Anda kumpulkan.
  6. Siapa sponsor lain Anda? Dulu siapa yang membiayai Anda?
  7. Biaya harus berkaitan dengan biaya sebenarnya. Misalnya harga sebuah publikasi tidak boleh melebihi harga rata-rata buku dalam kategori yang sama.
  8. Perincilah item-item secara konkret. Janganlah mencantumkan: "barang cetakan", tetapi konkretkan menjadi perangko, barang kebutuhan kantor, barang cetakan, dsb. 

2. Beberapa tips umum dalam RAB
Catatlah setiap pengeluaran/pembelanjaan. Berikan semua pekerja Anda anggaran untuk telepon, fax, fotokopi, transportasi dan tegaskan mereka untuk mencatat seberapa banyak yang mereka belanjakan. · Sediakan dana cadangan untuk biaya overhead dan simpan di bank. Dana cadangan bisa digunakan untuk meyelesaikan masalah aliran kas yang sifatnya sementara. Untuk jangka menengah, dana cadangan dapat digunakan sebagai penunjang pada saat krisis keuangan, ketika pemasukan yang diharapkan tidak datang. Dana cadangan yang cukup menunjukkan bahwa keadaan keuangan organisasi dalam keadaan stabil, yang akan menumbuhkan rasa percaya donatur, dan dapat dijadikan investasi untuk memperoleh pemasukan tambahan dari pembayaran bunga bank.

3. Lampiran: deskripsi penyusunan RAB
Pada kenyataannya ada dua macam RAB yang harus Anda sajikan kepada donatur: RAB tahunan (annual budget) organisasi Anda dan RAB yang berhubungan dengan proyek yang Anda mintakan dananya. Beberapa poin di bawah ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk pembuatan RAB proyek.
Pengeluaran:
  1. Gaji dan upah (jelaskan dan tentukan gaji koordinator proyek, pelaksana proyek dan staf pendukung)
  2. Biaya transportasi (jelaskan jika internasional, nasional dan lokal, jika Anda ingin melaksanakan sebuah pelatihan, tambahkan biaya transportasi para peserta)
  3. Peralatan/perlengkapan (jelaskan mengapa Anda perlu membeli peralatan tersebut untuk proyek ini; tidak disediakan komputer atau kendaraan untuk proyekl yang kecil)
  4. Biaya proyek tertentu (pelatihan, perkebunan bibit, material pendidikan, kebun percobaan, dll)
  5. Pencetakan (biaya pencetakan, fotokopi, dll)
  6. Biaya komunikasi (telepon, fax, e-mail, pos, dan pengantaran)
  7. Terjemahan (dari suatu bahasa ke bahasa lain; penerjemahan mungkin diperlukan untuk publikasi atau pada pelatihan yang Anda ingin adakan)
  8. Biaya sewa (sebagian dari biaya sewa tahunan kantor Anda)
  9. Pajak
  10. Asuransi
  11. Lain-lain (jelaskan)
  12. Biaya lain-lain/tak terduga (5-10%).

Pemasukan:
  1. Yayasan-yayasan
  2. Bantuan pemerintah
  3. Pemasukan dari penjualan produk
  4. Iuran anggota
  5. Sumbangan perorangan
  6. Lain-lain (jelaskan).  

4. Penjelasan RAB 
Setiap poin dalam RAB mungkin memerlukan penjelasan, terutama jika jumlah uangnya besar. Misalnya, tetntukan berapa banyak staf yang bekerja dalam proyek, berapa jam kerja (pekerja penuh atau paruh waktu, dll). Jelaskan kepada siapa Anda membayar pajak, jelaskan model asuransi Anda, transportasi, biaya sewa (sewa mobil atau kantor atau sebuah mesin khusus, dll).

Pengertian Tentang Bangunan


A. Pengertian Bangunan
Yang dimaksud dengan bangunan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan dan pelaksanaan pembuatan maupun perbaikan bangunan. Dalam penyelenggaraan bangunan diusahakan ekonomis dan memenuhi persyaratan tentang bahan, konstruksi maupun pelaksanaannya.
Bangunan yang dimaksud di atas meliputi:

  1. Bangunan merupakan hasil karya orang yang mempunyai tujuan tertentu untuk kepentingan perorangan maupun untuk umum.
  2. Bangunan yang bersifat penambahan atau perubahan dan telah ada menjadi sesuatu yang lain/berbeda, tetapi juga dengan tujuan tertentu dan untuk kepentingan perorangan maupun untuk umum.

Adapun tujuan bangunan tersebut didirikan antara lain:
Bangunan rumah tinggal dibuat orang untuk kepentingan tempat tinggal dalam arti yang luas. Untuk masa sekarang tidak hanya sekedar tempat berlindung atau berteduh tetapi sebagai tempat pembinaan keluarga.
Kantor dibuat untuk pelayanan masyarakat, sedangkan jembatan dan bendungan dibuat orang untuk tujuan prasarana kemakmuran rakyat. Kesemua hal di atas disebut dengan bangunan karena tidak dapat dengan mudah dipindahkan mengingat berat kecuali bila dibongkar.
Lemari dibuat orang juga mempunyai tujuan anatara lain untuk menyimpan barang, bangku untuk tempat duduk, tetapi bendabenda ini mudah dipindahkan ke tempat lain, untuk itu benda-benda disini tidak dapat dikatakan bangunan.
Dalam pembuatannya bagunan tidak cukup hanya satu orang pekerja saja, tetapi kadang-kadang memerlukan ratusan sampai ribuan pekerja tergantung besar kecilnya bangunan yang dibuat.

B. Jenis Bangunan
Jenis bangunan dapat dibedakan menjadi:

  1. Bangunan teknik sipil kering, antara lain meliputi: bangunan rumah, gedung-gedung. monumen, pabrik, gereja, masjid dan sebagainya.
  2. Bangunan teknik sipil basah, antara lain meliputi: bendungan, bangunan irigasi, saluran air, dermaga pelabuhan, turap-turap, jembatan dan sebagainya.

Untuk sekarang jenis bangunan dibedakan menjadi 3 bagian besar yang dikelola oleh Direktorat Jenderal meliputi Bangunan Gedung, Bangunan Air dan Jalan Jembatan.
Jenis bahan yang digunakan dalam bangunan dapat berupa kayu, bata, beton atau baja. Bahkan dewasa ini bahan bangunan yang digunakan sudah berkembang antara lain dari bahan aluminium atau plastik.

C. Fungsi Pokok Pembuatan Bangunan
Fungsi pembuatan bangunan yang terpenting ialah agar setiap bangunan kuat, dan tidak mudah rusak, sehat untuk ditempati, di samping biayanya relatif murah. Untuk mendapatkan bangunan kuat dan murah tidak perlu konstruksinya terlalu berlebihan. Bila demikian tidak sesuai dengan tujuan dan merupakan pemborosan. Konstruksi bangunan harus diperhitungkan secara teliti berdasarkan syarat-syarat bangunan termasuk perhitungan yang menunjang misalnya mekanika teknik. Keawetan suatu
bangunan juga tergantung bahan bangunan yang digunakan, pelaksanaan dalam pembuatan dan juga perawatannya.
Di samping hal tersebut di atas faktor lain yang berpengaruh dan perlu mendapatkan perhatian adalah air tanah, gempa bumi, angina dan sebagainya.

D. Bagian-bagian Bangunan Gedung
Menurut susunannya pembagian bangunan gedung dibagi menjadi:

  1. Bangunan bawah yaitu bagian-bagian yang terletak di bawah muka lantai yang ada dalam tanah.
  2. Bagian atas yaitu bagian-bagian yang ada di atasnya seperti tembok, kolom, jendela, ring balok dan rangka atap.

Yang termasuk bangunan bawah ialah konstruksi yang dibuat untuk menahan berat bangunan di atasnya termasuk berat pondasi itu sendiri. Untuk itu bangunan harus kuat, tidak mudah bergerak kedudukannya dan stabil.
Sedang yang termasuk bangunan atas adalah bagian-bagian yang terletak di atas bangunan bawah, sehingga seluruh beratnya diteruskan kepada bangunan bawah sampai ke tanah dasar.